Kamis, 21 Agustus 2014

USAHA DAN MUSLIM


USAHA DAN MUSLIM

Man jadda wa jadda, sobat muslim tentu familiar dengan pepatah arab yang populer ini. Barang siapa berusaha maka ia akan mendapatkannya.
Nah, sekarang usahanya seorang muslim itu yang bagaimana sih? Ane sekedar mengeluarkan uneg-uneg ya, bukan bermaksud panjang lebar menjabarkan cara berudaha dalam koridor agama, ilmu ane belum sampe situ. So, disini ane cuma sekedar share saja

Usaha itu apa sih? Tentu relatif ya. Buat seorang pelajar, ada usaha meraih keinginan atau cita, bagi  bussinesman ada usaha mensukseskan usahanya, bagi yang berkeluarga, ada usaha mewujudkan rumah tangga yang harmonis, dan lain sebagainya.
Intinya setiap orang punya usaha masing-masing dalam menjalani kehidupan mereka.

Tapi, usaha yang berlebihan kok kesannya jadi ambisi ya?

Nah! Itu sia yang ane mau sharekan sama kalian.
Setiap orang kan pasti punya keinginan, mulai dari yang absurd sampai yang jelas, dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Karena keinginan itulah, setiap orang punya usaha masing-masing buat mendapatkannya.
Masalahnya lagi, manusia kan memang diberi rasa tak akan pernah puas, jadi setelah usaha untuk mendapatkan keinginan pertama berhasil, ada usaha lagi untuk mendapat keinginan kedua, ketiga dan begitu seterusnya.Itulah manusia

Nah, waktu kepikiran hal ini, ane takut. Ane kan juga punya keinginan, cita-cita. Banyak lagi. Ane takut kalo ane jadi berlebihan, buakan lagi karena lillahi ta'ala tapi karena ambisi yang berlebihan.Padahal Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan kan?

Tapi tetap berusaha itu sama sekali gak salah Seperti firman Allah dalam QS Ar-Ra'd ayat 11. ....إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ .... artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”

Tuh, asalkan tetap jangan berlebihan hingga jadi orang yang ambisius. Saking semangatnya berusaha buat dapet nilai bagus, belajar terus lupa sholatnya lupa ngajinya. Na'udzubillah..
Sekali lagi bukan bermaksud menggurui yaa, artikel ini dibuat untuk mengingatkan diri ane sendiri. So buat para sobat muslim jagan ragu untuk tetap berusaha meraih keinginan dan cita-citanya.

.............فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ (١٥٩) Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS Ali Imran : 159)[1]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar